Beranda | Artikel
Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Sabtu, 8 Maret 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ثَلاثَةٌ قَدْ حَرَّمَ اللَّهُ تَعَالَى عَلَيْهِمُ الْجَنَّةُ : مُدْمِنُ الْخَمْرِ ، وَالْعَاقُّ ، وَالدَّيُّوثُ ، وَالدَّيُّوثُ الَّذِي يُقِرُّ فِي أَهْلِهِ الْخَبَثَ

“Tiga orang yang telah benar-benar Allah Ta’ala haramkan atas mereka surga: seorang yang kecanduan minuman-minuman yang memabukkan, seorang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan seorang lelaki yang memiliki sifat ad-dayyuts (yaitu) yang membiarkan terjadinya kefasikan (dosa, zina, atau semisalnya) di tengah-tengah keluarganya.” (H.R. Ahmad)

Nah, inilah fenomena…
Selain kita menyatakan kepada wanita muslimah: “Wahai wanita muslimah, jagalah pakaianmu di luar rumah, jangan sampai berdandan sebagaimana engkau berdandan di hadapan suamimu.”
Kita juga harus lihat dari sisi lain, ternyata juga ada kekurangan dari kita, para lelaki, yaitu kekurangannya adalah membiarkan istri-istri kita untuk berdandan di hadapan lelaki yang bukan mahram di luar rumah.

Dan para ulama rahimahullahu Ta’ala tentang apa maksud dayyuts, ada beberapa hal. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Al-Munawi dalam kitab At-Taisir bi Syarh Al-Jami’ish Shaghir (التيسير بشرح الجامع الصغير), beliau mengatakan ad-dayyuts adalah suami yang tidak memperhatikan laki-laki yang masuk ke dalam rumahnya.

Suami yang tidak memperhatikan laki-laki yang masuk ke dalam rumahnya, yang di dalam rumahnya tersebut ada istrinya dan ada anak-anak perempuannya, maka ini termasuk lelaki dayyuts. Dia tidak memberikan warning kepada istrinya dan anak-anak perempuannya, bahwasanya laki-laki yang boleh masuk ke dalam rumah adalah Si Fulan dan Si Fulan, kalau ada laki-laki bukan mahram maka jangan sampai dimasukkan ke dalam rumah. Dia tidak memperingatkan istri dan anak-anak perempuannya akan hal ini, maka inilah laki-laki dayyuts. Dan tentunya ini banyak terjadi…

Pembahasan yang panjang namun sangat menarik, disampaikan dalam ceramah agama sekaligus nasihat yang sangat berharga bagi kita semua, baik Muslimin (laki-laki) maupun Muslimat (wanita) oleh Ustadz Ahmad Zainuddin.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Wahai Istriku, Berdandanlah di Hadapanku

Ayo, kita bagi-bagikan kepada saudara-saudara kita, baik MP3 hasil download kajian ini hingga tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5039-wahai-istriku-berdandanlah-di-hadapanku-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/